Dosen : Atus Syahbudin

Nama : Joddy Andito Pratomo

NIM : 16/398329/KT/08324

Pada tanggal 28 Oktober 2016 bertempat di ruang multimedia Fakultas Kehutanan UGM, terdapat kuliah umum yang dibimbing oleh pak Atus Syahbudin mendatangkan dosen tamu dari negara tetangga kita, yaitu Filipina yang berasal dari University of Bohol dan seorang mahasiswa asal Amerika turut hadir dalam acara tersebut. Beliau bernama Tomas D. Reyes Jr. selaku dosen tamu dan Mr. James selaku mahasiswa asal Amerika.

Pertama, kesan saya tentang metode pembelajaran dengan dosen tamu yaitu metode yang digunakan sangat unik dan berbeda dari metode kuliah yang digunakan pada umumnya. Hal ini dapat memacu semangat mahasiswa untuk belajar dari sisi yang berbeda. Terlebih dosen tamu yang dihadirkan berasal dari luar negeri. Kita bisa sekaligus belajar listening dan latihan speaking dalam bahasa inggris. Keuntungan lainnya yaitu kita akan mendapatkan wawasan yang luas tentang isu-isu kehutanan yang terjadi di dalam maupun di luar negeri.

Kedua, kesan saya dalam materi yang dipaparkan oleh Mr.Tomas cukup menarik karena beliau memaparkan tentang plant diversity di Filipina, dimulai dari keadaan geografis Filipina, cara-cara mahasiswa di filipina mengenal jenis-jenis tumbuhan, sampai pemaparan tentang keragaman jenis pohon mangrove. Beliau menjelaskan materi tersebut dengan santai dan rileks lengkap dengan dialek filipinanya. Ada satu hal yang menarik bagi saya tentang cara mahasiswa Filipina dalam mengenal jenis-jenis tumbuhan. Rimbawan di Filipina dituntut harus bisa menghafal 400 jenis pohon lengkap dengan jenis, spesies, dan familinya. Sedangkan cara mengenal jenis-jenis tumbuhan yang diterapkan oleh Rimbawan UGM hanya berkisar 70 pohon saja. Padahal hutan di Indonesia sangat luas dan beraneka ragam jenis-jenis flora maupun faunanya. Oleh karena itu, hal ini jelas menjadi motivasi untuk kita dalam mengenali jenis-jenis tumbuhan yang ada di Indonesia.