Dosen : Atus Syahbudin

Nama : Joddy Andito Pratomo

NIM : 16/398329/KT/08324

Setiap orang memiliki cara mengenal dan mengingat spesies tumbuhan yang berbeda-beda. Berikut adalah cara saya dalam mengenal dan mengingat spesies tumbuhan.

  1. Terjun langsung ke lapangan : Dengan cara ini, kita dapat melihat langsung beraneka ragam spesies tumbuhan yang ada disana. Jadi, kita tidak akan penasaran lagi karena telah melihat langsung disana. Selain itu, kita juga bisa sekaligus mengidentifikasikan tumbuhan tersebut.
  2. Hasil identifikasi dicatat : Setelah diidentifikasi, hasil yang didapat dicatat dalam tally sheet yang berisi kolom-kolom identifikasi tumbuhan tersebut, seperti bentuk tajuk, tipe daun, arah percabangan, tipe bunga, tipe buah, dan lain-lain.
  3. Memfoto gambar : Karena saya orangnya suka visual, jadi saya akan lebih paham dengan mengambil foto tumbuhan tersebut dikombinasikan dengan identifikasinya yang sudah ada di tally sheet tadi.
  4. Mencari tempat yang nyaman untuk menghafal : Hafalan yang saya maksud terutama untuk nama latin dan famili dari tumbuhan tersebut. Biasanya saya suka menghafal di kamar pada malam hari atau dinihari dengan mencari suasana yang tenang.
  5. Coret-coretan : Setelah menghafal, saya mengulasnya dengan membuat coret-coretan di notes agar tidak mudah lupa dan notes tersebut dapat saya bawa kemana-mana. Jika saya bepergian kemanapun saya tetap bisa mengulas kembali apa yang ditulis di notes tersebut.