Dosen : Atus Syahbudin

Nama : Joddy Andito Pratomo

NIM : 16/398329/KT/08324

Acara workshop “Mahasiswa Bukan Rata-Rata” ini diisi oleh 5 pembicara yang sangat hebat dan sangat inspiratif, yaitu Pak Wikan Sakaripto, Ph.D sebagai dekan baru SV UGM, Reyhan Abdussalam sebagai owner dari Chokless (es cokelat), Pak Dosen Atus Syahbudin, Ph.D sebagai reviewer dari pendiri beasiswa LPDP, Yusuf Fajar Pratama seorang mahasiswa FKT 2012 sekaligus atlet silat berprestasi, dan Moh Ali Zainal Abidin sebagai Ketua BEM KM UGM. Berikut adalah poin-poin penting yang didapatkan dari masing-masing pembicara.

Pak Wikan

Sekarang sudah memasuki abad ke-21, dimana dalam abad ini seorang mahasiswa harus mempunyai suatu keahlian khusus untuk bisa bersaing dengan negara lain. Keahlian tersebut dinamakan kompetensi abad ke-21. Penyebabnya zaman sekarang tidak hanya mementingkan IPK di perkuliahan saja, tetapi harus mempunyai softskill jugaAda lima poin kompetensi abad ke-21 yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa sekarang, yaitu:

  1. Critical Thinking

Berpikir kritis sifatnya lebih mendorong seorang mahasiswa untuk berpikir lebih bijak. Kita bisa berpikir secara kritis kalau kita banyak membaca dan memiliki ilmu yang luas. Intinya kita harus banyak BACA.

2. Komunikasi

Komunikasi disini maksudnya memperbanyak link atau jaringan seluas-luasnya. Semakin banyak jaringan yang kita bangun, maka akan semakin mudah kita dalam menghadapi suatu persoalan-persoalan yang ada.

3. Inovasi dan Kreativitas

Dalam menghadapi perkembangan zaman yang berubah-ubah secara dinamis ini, kita butuh suatu inovasi. Kalau mencari IPK saja dari dosen, tapi tidak ada inovasi akan terasa sia-sia saja.

4. Teamwork

Kita tidak bisa menghadapi suatu perkembangan zaman ini secara sendirian. Oleh karena itu, setelah membentuk suatu jaringan yang luas, kita harus bekerja sama untuk mencapai apa yang kita inginkan.

5. IT Literacy

Pada zaman sekarang, apabila kita tidak bisa menerima kemajuan teknologi, maka kita akan “terlindas” oleh kemajuan zaman yang berubah begitu cepat. Oleh karena itu, dalam kaitannya dengan inovasi, kita harus bisa memanfaatkan teknologi menjadi hal yang berguna bagi orang lain. Salah satunya adalah pembuatan aplikasi GOJEK.

Mas Reyhan

Proses dalam membangun suatu usaha minuman cokelat ini pada awalnya berasal dari inovasi. Innovation or die. Maksudnya, seiring dengan perkembangan zaman, kita dituntut untuk terus berinovasi menemukan hal-hal baru. Kalau kita tidak berinovasi, kita akan “mati” karena tidak bisa adaptasi dengan perkembangan zaman. Pada awal membangun usaha ini, banyak menemui kesulitan dan ujian yang dihadapi. Tetapi, mas Reyhan tidak cepat menyerah dan putus asa karena didasari niat dan keyakinan serta harus mempunyai mimpi yang subjektif. Maksudnya, mimpi itu harus bersegmen seperti anak tangga, semakin meningkat dan meningkat.

Hal penting lain yang mas Reyhan ajarkan yaitu janganlah meremehkan orang-orang yang terlihat remeh karena bisa jadi orang yang terlihat remeh tersebut mempunyai suatu hal yang luar biasa dari kita. Selain itu, kita harus menumbuhkan sifat mandiri juga. Karena ada pepatah mengatakan “Mau jadi benalu, malu karena minta melulu”.

Pak Atus

Kita sebagai mahasiswa bisa mendapat uang dengan cara tidak bekerja atau tidak berwirausaha, melainkan dapat dari beasiswa. Salah satu contoh lembaga penyedia beasiswa yaitu LPDP. Syarat untuk mendaftar beasiswa paling penting yaitu buatlah REKAM JEJAK dari berbagai pengalaman suatu organisasi maupun di luar organisasi. Selain itu, IPK dan kemampuan berbahasa inggris juga menjadi pertimbangan dalam mendaftar beasiswa. Dengan beasiswa kita akan menjadi lebih kaya, terlebih lagi beasiswa luar negeri, baik itu kaya akan bahasa, budaya, networking, serta jejaring sosial.

Mas Yusuf

Bakat adalah kemampuan bawaan sejak lahir yang dimiliki oleh masing-masing orang. Bakat tidak akan terbentuk kalau tidak disertai minat. Cara untuk mengembangkan minat dan bakat yaitu selami diri kalian dan cari tahu apa kelebihan yang kalian miliki. Jangan lelah untuk berlatih, karena suatu prestasi akan tercapai apabila kita berlatih secara terus-menerus didasari niat dan motivasi yang tinggi.

Mas Ali

Cara awal bagaimana kita bisa membagi waktu untuk kuliah, berorganisasi, dan kegiatan-kegiatan lainnya yaitu kita harus memiliki MOTIVASI. Motivasi bisa didapat kalu kita mempunyai sebuah mimpi. Mahatma Gandhi pernah berkata Mimpi bukanlah yang kita lihat dalam tidur, tetapi mimpi adalah sesuatu yang membuat kita tidak bisa tidur”. Mimpi tersebut bisa direalisasikan dalam bentuk apapun, baik dalam bentuk video, life mapping, dan lain-lain.

Hal penting lain yang mas Ali ajarkan yaitu berorganisasi mengajarkan kita belajar tentang bagaimana hidup dimana kita bertemu dengan banyak orang dengan berbagai macam jalan pikiran. Dalam analogi huruf T, sesuatu yang harus dipelajari seperti belajar organisasi merupakan sisi yang horizontal, sedangkan sisi yang vertikal berupa sisi keilmuan yang spesifik.